Home » » Cara Untuk Merawat Laptop dan Komponennya

Cara Untuk Merawat Laptop dan Komponennya

Assalamu'alaikum WR.WB

Bojeck 11 - Inilah tips untuk merawat laptop milik sobat, sobat tidak perlu khawatir akan kesusahan, sobat nanti juga tidak harus ke tukang service. Tips ini sama seperti cara merawat hewan kesayangan sobat. Jika sobat melakukannya dengan penuh dengan ketlatenan dan juga penuh kesabaran, saya yakin semuanya pasti akan terasa sangat mudah untuk dikerjakan apabila sobat melakukannya dengan sepenuh hati.


Berikut ini merupakan tips tentang bagaimana cara merawat laptop sobat dengan begitu mudah, tips ini mulai dari cara merawat laptopnya sendiri dan sampai ke komponen-komponen leptop yang penting di laptop sobat, cara ini bisa dilakukan di berbagai jenis laptop yang sobat punya.  dan dibawah inilah tips untuk merawat laptop yang bakalan bikin laptop sobat tahan lama dan tentunya juga awet.



1. Cara Merawat Baterai Laptop.
  •  Jangan pernah sekali-kali mencabut baterai laptop sobat ketika laptop sedang menyala. Misalkan ketika laptop sobat hang ada baiknya sobat restart laptop sobat lewat tombol Power. Jika langsung mencabut baterai, nanti yang dikhawatirkan akan menyerang Motherboard dan komponen-komponen yang ada di dalamnya.
  •   Upgrade lah baterai secara berkala, apabila sudah memasuki masa uzur. Jangan dipaksakan terus-terusan untuk memakai baterai tersebut. Karena nanti apabila baterai laptop yang sudah rusak tetep dipasang pada laptop akan menyebabkan VGA dan Motherboard pada laptop itu rusak dan tidak bisa digunakan lagi.
  •  Untuk Laptop keluaran 2011 keatas sudah memiliki fitur auto discharge yang ditanamkan pada perangkatnya, ketika baterai sobat sudah penuh maka otomati akan memutus aliran listrik ke baterai yang kemudian diganti ke laptop. Jadi sobat tidak perlu khawatir kalau baterai sobat akan cepat ngedrop atau cepat habis. Justru dengan anda sering mencolok baterai ketika sudah lowbat dan mencabut ketika sudah penuh saat itulah awal mula baterai sobat akan rusak.


2. Pakailah Laptop dengan sewajarnya
  •  Jangan paksakan laptop sobat untuk menjalankan suatu aplikasi yang tidak cocok untuk laptop sobat. Misalkan sobat punya laptop dengan spek rendah anda paksakan untuk membuka game berat Seperti Pro Evolution Soccer 2015, game atau aplikasi yang memerlukan RAM yang besar dll. Maka yang akan terjadi adalah Prosessor, RAM dan VGA sobat akan bermasalah.

 
3. Batasi pemakaian Laptop.
  •  Bermain laptop yang ideal paling lama adalah sekitar 5 jam, setelah itu matikanlah laptop sobat agar bisa beristrirahat dan mendinginkan prosessor dan perankat-perangkat yang telah bekerja secara keras. Jangan pakai laptop anda full 1x24 jam



4. Usahakan jangan sampai terkena Abu dan Air berlebihan.
  •  Biasanya abu akan mudah masuk lewat keyboard laptop, untuk itu cobalah memakai Keyboard Protector untuk mencegah hal ini. Efek samping jika laptop sobat penuh dengan abu, saat sobat bermain laptop, dan ternyata sangat cepat panas dibandingkan yang biasanya, tiba-tiba laptop mati sendiri, itulah yang disebut dengan Overheat. Bisa dipastikan itu adalah pengaruh dari abu yang masuk secara berlebih ke dalam laptop sobat.
  •  Keyboard jangan sampai basah, misalkan laptop terkena kopi, air putih atau sejenis benda cair lainnya, ditakutkan akan terjadi konslet terhadap laptop sobat.

 
5. Pakailah Pendingin pada Laptop,
  •  Misalkan seperti Coolpad yang ditaruh pada bawah laptop. Gunanya untuk meminimalisir panas berlebih pada Prosessor, apabila jika terjadi panas berlebih laptop sobat akan mudah mengalami hang.
 
6. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop
  •   Kebiasaan ini sering di anggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.
 
7. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
  •   Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop sobat. Saya sarankan untuk menginstal Antivirus pada laptop sobat dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.
8. Jangan Mendengarkan Musik dengan Volume Penuh
  •  JIka ingin mendengarkan musik,jangan sampai volume penuh, karena speaker laptop kecil maka walaupun volume musik sudah maksimal tetapi suara belum maksimal untuk didengar telinga. Jika volume dinaikkan maka penggunaan daya juga akan bertambah besar.

9. Janganlah Pakai Internet Waktu Hujan Lebat
  •  Umumnya koneksi internet sangatlah punya pengaruh pada cuaca. Di kuatirkan bila sobat memakai internet pada laptop sobat sewaktu hujan, bisa menyebabkan jaringan laptop bakal tersambar petir serta ini bakal beresiko pada laptop sobat nanti. Sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko.

10. Uninstal Program Yang Tak Bermanfaat/Tak Dipakai
  •  Umumnya ruangan hardisk yang terlampau banyak tersita bakal memperlambat sistem read/write hardisk hingga beban kerjanya bakal lebih berat hingga hardisk bakal cepat rusak. Umumnya bakal nampak warning juga space hardisk kita telah penuh. Sistem operasi windows telah mensupport bakal hal yang seperti ini. Cara ini bisa dilakukan di berbagai jenis laptop yang sobat punya.  

11. Jauhi Mengunakan Laptop Sampai Baterai kosong Hingga 0%
  •  Jika terus-terusan mengunakan laptop hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 0%, jadi selekasnya charger kemabali, saat sebelum baterai habis, charge baterai itu hingga penuh 100%. Sangatlah dianjurkan Pemakai laptop lakukan setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, setting dibagian Power Options.
 Nah, itulah cara yang mungkin bermanfaat untuk merawat laptop sobat agar tidak mudah rusak dan supaya bisa awet dan tahan lama. Sekian dulu artikel Cara Untuk Merawat Laptop dan Komponennya.

Wassalamu'alaikum WR.WB


1 komentar:

banner